Langsung ke konten utama

Yuk Mengenal Jenis-jenis Asuransi Kesehatan Sebelum Membelinya!

Mungkin kita sering mendengar atau bahkan menerima tawaran tentang asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan adalah perlindungan asuransi yang diberikan untuk membayar biaya yang berhubungan dengan medis/ kesehatan. Perusahaan asuransi kesehatan ini biasanya akan menanggung/mengganti biaya-biaya yang dikeluarkan karena kita sakit atau kecelakaan atau lainnya yang berhubungan dengan kesehatan. Memiliki asuransi kesehatan bisa di ibaratkan “sedia payung sebelum hujan”. Selain tentunya kita hidup dengan pola yang sehat, memiliki asuransi kesehatan ternyata bisa melindungi diri kita dan keluarga dari hal buruk yang mungkin akan terjadi.

Sebelum membeli asuransi kesehatan yang pas dan tepat untuk kita dan keluarga tentu kita mesti tahu apa itu asuransi kesehatan dan apa saja jenis-jenis asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan secara umum didefinisikan sebagai jenis asuransi yang menanggung berbagai biaya pengobatan, tindakan medis ataupun perawatan kesehatan. Asuransi kesehatan yang bagus akan memberikan manfaat yang luar biasa untuk nasabahnya tanpa proses yang ribet. Dan tentu saja inilah jenis asuransi yang kita harapkan untuk dimiliki, bukan asuransi yang ribet prosesnya dan malah membebani nasabahnya.

Nah sebelum kita membeli asuransi kesehatan yang pas dan sesuai dengan kebutuhan kita, ada baiknya kita tahu jenis-jenis asuransi kesehatan yang ada di Indonesia. Karena ternyata asuransi kesehatan memiliki banyak jenis yang manfaatnya berbeda-beda. Dengan tahu jenis-jenis asuransi kesehatan tentu nantinya kita bisa menyesuaikan asuransi kesehatan yang seperti apa yang pas untuk kita. Jenis-jenis asuransi kesehatan yang perlu kamu tahu bisa dilihat dibawah ini.

Berdasarkan badan penyelenggaranya asuransi kesehatan bisa dikelompokkan menjadi dua yaitu:

Asuransi Kesehatan Pemarintah

Sesuai dengan namanya asuransi kesehatan ini diselenggarakan oleh pemerintah. Asuransi kesehatan ini memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan untuk masyarakat Indonesia secara menyeluruh. Karena ini tetap berbentuk asuransi tentu tetap ada premi yang harus dibayarkan. Jumlah premi yang ditawarkan juga bisa dijangkau oleh masyarakat segala lapisan. Beberapa golongan masyarakat juga bisa menerima subsidi premi dari pemerintah dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Asuransi kesehatan milik pemerintah ini melakukan operasionalnya dengan asas gotong royong untuk bisa meng-cover seluruh masyarakat makanya beberapa fasilitas asuransi kesehatan ini terbatas. 

Asuransi kesehatan Swasta

Asuransi kesehatan yang banyak beredar selain BPJS adalah asuransi kesehatan swasta yang dikelola oleh perusahaan asuransi swasta. Premi asuransi kesehatan swasta juga banyak pilihannya tapi harus dibayar penuh. Besar kecilnya jumlah premi juga menentukan manfaat yang akan diterima oleh pemilik polis asuransinya. Beberapa orang beranggapan bahwa asuransi kesehatan swasta itu mahal. Padahal itu tergantung dari sedikit atau banyaknya proteksi yang diambil kita sebagai nasabah. Tentunya sebagai nasabah kita selalu ingin mendapatkan layanan terbaik kan? Jadi premi mahal tidak jadi masalah jika fasilitas lengkap.

Berdasarkan jenis perawatannya, asuransi kesehatan juga dikleompokkan dalam dua jenis yaitu:

Asuransi Rawat Inap

Asuransi kesehatan rawat inap adalah asuransi kesehatan yang akan menanggung biaya yang timbul akibat kita harus rawat inap di rumah sakit. Banyak yang mengambil asuransi kesehatan jenis ini karena perlindungan yang diberikan tidak hanya mengenai kamar rawat inap tapi pemeriksaan dokter juga. Bahkan jika kita perlu tindakan operasi bedah, asuransi kesehatan ini tentu akan memaksimalkan manfaatnya untuk kita. Kita tak perlu pusing memikirkan biaya rawat inap dan bisa fokus penyembuhan.

Asuransi Rawat Jalan

Asuransi kesehatan rawat jalan adalah asuransi yang menanggung semua biaya saat kita melakukan rawat jalan saat sakit. Biasanya baiya yang akan diganti antara lain adalah diagnosis medis, cek lab dan tindakan yang tidak perlu sampai rawat inap. Jika dipikir-pikir ini adalah asuransi kesehatan yang wajib kita miliki loh. Kenapa? Karena kebanyakan orang lebih sering butuh berobat rawat jalan dibandingkan rawat inap. Jika sakitnya tak terlalu parah bukankah kita hanya perlu berobat ke dokter saja? Ini lebih praktis daripada harus ke rumah sakit.

Berdasarkan yang ditanggung, asuransi kesehatan juga ada dua jenis yaitu:

Asuransi personal/individu

Asuransi kesehatan personal/individu adalah asuransi yang diperuntukkan untuk satu individu saja. Manfaat dan proteksi asuransi kesehatan personal ini hanya diberikan kepada satu orang saja sesuai dengan yang tertulis di polis asuransinya. Asuransi kesehatan ini tidak bisa dilimpahkan kepada orang lain. Asuransi kesehatan ini cocok untuk yang belum berkeluarga dan tidak punya tanggungan.

Asuransi kelompok

Asuransi kesehatan kelompok adalah asuransi yang memberikan perlindungan kepada satu kelompok orang. Misalnya saja asuransi kesehatan untuk keluarga yang bisa memberikan perlindungan kepada seluruh anggota keluarga atau pada perusahaan. Asuransi kesehatan ini memberikan perlindungan yang sama antara satu dengan yang lain. Jika kita sudah berkeluarga, asuransi kesehatan jenis ini yang pas untuk kita. Jadi bisa lebih berhemat dengan manfaat yang sama.

Nah itu dia jenis-jenis asuransi kesehatan yang ada di Indonesia. Dengan tahu informasi ini semoga bisa menjadi salah satu acuan saat akan memilih asuransi kesehatan yang pas dan sesuai dengan kebutuhan kita. Jadi tunggu apalagi yuk beli asuransi kesehatan sekarang, agar kita bisa menjaga kondisi keuangan tetap stabil disaat ada salah satu anggota keluarga mengalami hal buruk dengan kesehatannya. Karena ini adalah salah satu usaha yang kita lakukan, untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi di luar keinginan dan rencana kita.

https://www.cekaja.com/asuransi-kesehatan

Postingan populer dari blog ini

Pinjaman Tanpa Jaminan Untuk Renovasi Rumah? Sah-Sah Saja!

Rumah adalah salah satu fasilitas kehidupan yang pokok dimiliki oleh setiap keluarga, namun jika kita tidak memiliki rumah, ada juga alternative kita untuk menyewa rumah. Namun rumah kontrakan akan sangat berbeda dengan rumah milik kita sendiri. Tentu saja, akan enggan bagi kita untuk merenovasi rumah kontrakan, tetai sebaliknya, kita akan senang melakukan renovasi pada rumah kita sendiri. Nah, jika kita sedang berpikir untuk melakukan renovasi rumah, kita mungkin sudah tahu bahwa perubahan sekecil apapun bisa menghabiskan banyak uang. Terlebih saat ini, semua biaya meningkat drastic, mulai dari biaya membayar upah tukang yang tidaklah murah, dan juga biaya belanja material yang semakin hari harganya semakin mahal. Namun ada salah satu cara untuk membuat proyek renovasi rumah lebih terjangkau adalah dengan mengambil pinjaman tanpa jaminan, yang merupakan pinjaman yang bisa disesuaikan untuk membantu menutupi biaya renovasi. Pinjaman tanpa jaminan untuk renovasi rumah mungkin merupakan

Anti Jebol, Begini Tips Memilih Kartu Kredit yang Aman dan Menguntungkan

Sekarang ini punya kartu kredit adalah hal biasa. Enggak heran sih, banyak banget manfaat yang bisa didapatkan dengan memiliki kartu kredit. Misalnya, kita bisa melakukan pembayaran luar negeri, transaksi online sampai pembayaran lainnya. Belum lagi berbagai promo yang cukup menggoda. Tapi yakin nggak nih, kartu kredit bisa digunakan sesuai kebutuhan? Bisa banget dong. Malah kamu bakalan dapet banyak keuntungan dengan memilih kartu kredit yang tepat. Nah, gimana caranya? Cukup mudah kok. Simak beberapa tips berikut ya. Berburu Promo Kartu Kredit Sepele dan sering tak disadari itu promo kartu kredit. Kamu mungkin berburu kartu kredit karena promonya, nah ini yang perlu diperhatikan lagi ya. Selain melihat promo, cek lebih dalam seperti biaya tahunan dan biaya-biaya lainnya. Sah sah saja kok kalau kamu ingin berburu promo, tapi pertimbangkan faktor lainnya dengan teliti ya. Jangan sampai promonya habis, kamu lantas malas menggunakan kartu kredit lagi. Jadi, pilih kartu kredit untuk jang

Ini Dia Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik 2020 Untuk Kamu

Dahulu, mobil mungkin menjadi kendaraan yang mewah dan jarang dimilki oleh masyarakat. Berbeda dengan saat ini, dimana kendaraan pribadi sekarang ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Selain motor, mobil juga menjadi salah satu asset yang paling banyak diminati masyarakat. Dengan banyaknya kendaraan di jalan raya pasti resiko terjadi kecelakaan juga besar di jalan raya. Meskipun kita selalu menutamakan mengendarai mobil dengan safety riding, risiko kita kecelakaan tetap besar karena pengendara lain yang sembrono. Nah akibatnya kita bisa terluka bahkan meninggal dunia. Apalagi ditambah kerusakan mobil yang kita kendarai saat kecelakaan juga tidak mungkin bernilai sedikit. Alasan ini yang membuat banyak orang berpikir untuk membeli asuransi mobil . Dengan asuransi mobil resiko finansial karena kecelakaan bisa terbantu. Dalam memilih asuransi mobil juga tidak boleh asal loh, karena tak sedikit asuransi mobil yang hanya tipuan belaka, maka tak heran banyak orang merasa asuransi mereka t