Langsung ke konten utama

Pinjaman Tanpa Jaminan Untuk Renovasi Rumah? Sah-Sah Saja!

Rumah adalah salah satu fasilitas kehidupan yang pokok dimiliki oleh setiap keluarga, namun jika kita tidak memiliki rumah, ada juga alternative kita untuk menyewa rumah. Namun rumah kontrakan akan sangat berbeda dengan rumah milik kita sendiri. Tentu saja, akan enggan bagi kita untuk merenovasi rumah kontrakan, tetai sebaliknya, kita akan senang melakukan renovasi pada rumah kita sendiri.

Nah, jika kita sedang berpikir untuk melakukan renovasi rumah, kita mungkin sudah tahu bahwa perubahan sekecil apapun bisa menghabiskan banyak uang. Terlebih saat ini, semua biaya meningkat drastic, mulai dari biaya membayar upah tukang yang tidaklah murah, dan juga biaya belanja material yang semakin hari harganya semakin mahal. Namun ada salah satu cara untuk membuat proyek renovasi rumah lebih terjangkau adalah dengan mengambil pinjaman tanpa jaminan, yang merupakan pinjaman yang bisa disesuaikan untuk membantu menutupi biaya renovasi. Pinjaman tanpa jaminan untuk renovasi rumah mungkin merupakan pilihan yang baik tergantung pada kebutuhan kita dan tingkat bunga yang bias kita dapatkan. Tetapi pilihan pembiayaan lain mungkin lebih terjangkau pada akhirnya. Kita bisa memilih Pinjaman Renovasi Rumah yang khusus untuk biaya renovasi rumah. Tapi pinjaman ini masuk ke pinjaman dengan jaminan. Maka dari itu kita tak bisa memakainya. Lihat di bawah untuk mengetahui cara kerja pinjaman tanpa jaminan, dan apakah itu pilihan yang tepat untuk kita.

Pinjaman Tanpa Jaminan untuk Renovasi Rumah

Pinjaman tanpa jaminan untuk perbaikan rumah adalah pinjaman tanpa jaminan yang digunakan untuk membiayai renovasi dan perbaikan rumah. Kita mungkin bisa menggunakannya untuk proyek besar seperti merombak dapur atau kamar mandi, memperbaiki ruang bawah tanah, membangun garasi, atau memasang kolam renang. Pinjaman tanpa jaminan tersebut juga bisadipakai untuk perbaikan darurat dan pekerjaan yang lebih kecil seperti melengkapi rumah kita dengan jendela atau panel surya baru.

Ada beberapa pemberi pinjaman memasarkan pinjaman tanpa jaminan secara terpisah dari penawaran pinjaman pribadi lainnya. Berikut adalah fitur utama yang dibagikan pinjaman ini:

  • Biasanya tidak membutuhkan agunan. Seperti kebanyakan pinjaman tanpa jaminan, pinjaman untuk renovasi rumah tidak dijamin. Artinya, mereka tidak memerlukan agunan, jadi properti kita tidak akan berisiko jika kita tidak bisa melakukan pembayaran.
  • Suku bunga lebih tinggi daripada pinjaman dengan jaminan. Seperti pinjaman tanpa jaminan lainnya, pinjaman untuk perbaikan rumah cenderung datang dengan suku bunga yang lebih tinggi daripada pinjaman terjamin seperti KPR di mana rumah kita digunakan sebagai jaminan.
  • APR tetap dan pembayaran cicilannya bulanan. Pinjaman tanpa jaminan biasanya datang dengan suku bunga tetap dan pembayaran bulanan selama beberapa tahun. Itu berarti kita akan tahu persis berapa banyak biaya pinjaman tanpa jaminan yang kita butuhkan, dan kitabisa menganggarkan sesuai kemampuan.
  • Pendanaan cepat dan sekaligus. Pemberi pinjaman mungkin bisa mengirimkan dana pinjaman tanpa jaminan untuk renovasi rumah ke rekening bank kita dalam waktu satu hingga tiga hari. Pinjaman tanpa jaminan ini cukup cepat sehingga proses renovasi rumah juga bisa segera dimulai.

Apakah Ide yang Bagus?

Apakah menggunakan pinjaman tanpa jaminan untuk membayar perbaikan rumah merupakan ide yang bagus? Tergantung. Karena ini merupakan pinjaman tanpa jaminan, pinjaman untuk renovasi rumah sering kali datang dengan tingkat bunga yang lebih tinggi daripada pinjaman dengan jaminan atau semacam KPR. Tapi jikakita menggunakan opsi pembiayaan KPR, kita harus menggunakan rumah kita sebagai jaminan. Kita juga harus memiliki ekuitas yang cukup di rumah seperti perbedaan antara jumlah hutang hipotek dan nilai rumah kita. Besarnya ekuitas ini akan menentukan seberapa banyak kita bisa meminjam.

Dengan pinjaman tanpa jaminan untuk perbaikan rumah, kita tidak memerlukan ekuitas dan tidak mengambil risiko kehilangan rumah. Tetapi jika kita gagal membayar pinjaman tanpa jaminan ini, sudah pasti akan terjadi penurunan besar dalam skor kredit kita dan ini kemungkinan akan tetap ada di catatan kredit kita hingga tujuh tahun.

Apakah Mudah?

Mengajukan pinjaman tanpa jaminan untuk renovasi rumah seringkali tidak serumit mengajukan jenis pembiayaan lain, terutama jika kita memiliki kredit yang bagus. Dalam hal ini, mungkin sebagian besar masalah adalah menunjukkan bukti pendapatan dan pekerjaan. Bahkan jika kita memiliki kredit yang buruk, pinjaman tanpa jaminan mungkin masih bisa digunakan. Kita hampir pasti akan mendapatkan suku bunga terbaik dengan kredit baik hingga sangat baik, tetapi beberapa pemberi pinjaman mungkin masih menawarkan pinjaman jika kita memiliki riwayat pekerjaan yang baik dan menggunakan kredit secara bertanggung jawab. Jadi skor kredit kita cukup berpengaruh lho.

Namun, suku bunga pinjaman tanpa jaminan sangat bervariasi, dari sekitar 11,8% sampai 24% atau lebih. Itu karena pemberi pinjaman melihatberdasarkanbanyak faktor, seperti jumlah uang yang ingin kita pinjam, pendapatan kita, nilai kredit, dan berapa banyak hutang yang kita bawa dibandingkan dengan penghasilan kita.

Untuk memakai pinjaman tanpa jaminan sebagai pembiayaan renoovasi rumah memang perlu perencanaan yang matang. Jika kita hanya akan melakukan renovasi sebagian maka pinjaman tanpa jaminan adalah pilihan tepat. Apalagi jika rumah yang kita huni masih dalam KPR. Sebelum memutuskan akan mengambil pinjaman tanpa jaminan sebaiknya kita bikin perencaan dulu apakah kita sanggup membayar cicilan sambil merenovasi rumah. Karena jangan sampai rumah sudah bagus dan indah, namun kita dipusingkan denga pembayaran cicilan yang ternyata tak sanggup kita bayarkan. Maka dari itu mempertimbangkan syarat dan ketentuan dari pinjaman tanpa jaminan adalah wajib. Agar keuangan kita aman, hunian impianpun terwujud!

https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan

Postingan populer dari blog ini

Anti Jebol, Begini Tips Memilih Kartu Kredit yang Aman dan Menguntungkan

Sekarang ini punya kartu kredit adalah hal biasa. Enggak heran sih, banyak banget manfaat yang bisa didapatkan dengan memiliki kartu kredit. Misalnya, kita bisa melakukan pembayaran luar negeri, transaksi online sampai pembayaran lainnya. Belum lagi berbagai promo yang cukup menggoda. Tapi yakin nggak nih, kartu kredit bisa digunakan sesuai kebutuhan? Bisa banget dong. Malah kamu bakalan dapet banyak keuntungan dengan memilih kartu kredit yang tepat. Nah, gimana caranya? Cukup mudah kok. Simak beberapa tips berikut ya. Berburu Promo Kartu Kredit Sepele dan sering tak disadari itu promo kartu kredit. Kamu mungkin berburu kartu kredit karena promonya, nah ini yang perlu diperhatikan lagi ya. Selain melihat promo, cek lebih dalam seperti biaya tahunan dan biaya-biaya lainnya. Sah sah saja kok kalau kamu ingin berburu promo, tapi pertimbangkan faktor lainnya dengan teliti ya. Jangan sampai promonya habis, kamu lantas malas menggunakan kartu kredit lagi. Jadi, pilih kartu kredit untuk jang

Car Buying Guide: 6 Simple Tips To Make You A Better Buyer

It's that time of the year again. With some of us already securing the bag with bonuses and 13th+month pays, you might be on the lookout to buy a new car—and there's no better time to do so but now. We're in a very peculiar time. Given everything that happened this year, that is quite an understatement. However, car buying is in a pretty exciting place when you look at it from a good angle. Car dealers all over the country have been offering eye-popping deals left and right that are not seen before ever in the industry: Buy 1, take 1, massive cash discounts in the seven-figure range, and more flexible payment options. Dealerships have the supply and they're ramping up to create demand in order to entice consumers, which is always a good thing. This is simply the best time to buy a car. But don't get too excited that you start overwhelming your brain to make less than ideal decisions. A better deal is always available when you know where and when to look for it. So t