Langsung ke konten utama

Anti Jebol, Begini Tips Memilih Kartu Kredit yang Aman dan Menguntungkan



Sekarang ini punya kartu kredit adalah hal biasa. Enggak heran sih, banyak banget manfaat yang bisa didapatkan dengan memiliki kartu kredit. Misalnya, kita bisa melakukan pembayaran luar negeri, transaksi online sampai pembayaran lainnya. Belum lagi berbagai promo yang cukup menggoda.

Tapi yakin nggak nih, kartu kredit bisa digunakan sesuai kebutuhan? Bisa banget dong. Malah kamu bakalan dapet banyak keuntungan dengan memilih kartu kredit yang tepat. Nah, gimana caranya? Cukup mudah kok. Simak beberapa tips berikut ya.

Berburu Promo Kartu Kredit

Sepele dan sering tak disadari itu promo kartu kredit. Kamu mungkin berburu kartu kredit karena promonya, nah ini yang perlu diperhatikan lagi ya. Selain melihat promo, cek lebih dalam seperti biaya tahunan dan biaya-biaya lainnya.

Sah sah saja kok kalau kamu ingin berburu promo, tapi pertimbangkan faktor lainnya dengan teliti ya.

Jangan sampai promonya habis, kamu lantas malas menggunakan kartu kredit lagi. Jadi, pilih kartu kredit untuk jangka panjang lebih menguntungkan ketimbang sekedar mengejar promo. Kamu pun jadi enggak lelah bolak balik ganti kartu kredit atau harus mengajukan lagi berulangkali.

Bebas Biaya Tahunan

Beberapa kartu kredit menerapkan biaya tahunan. Jadi setiap tahun kamu akan membayar biaya ini. Namun, ada juga kok yang membebaskan biaya tahunan, kamu pun jadi enggak perlu mengeluarkan biaya tahunan ini deh. Dompet jadi aman!

Untuk itu, kamu bisa memilih kartu kredit yang bebas biaya tahunan. Tapi, lihat syaratnya dengan detail ya. Karena ada beberapa bank penerbit kartu yang menetapkan syarat, bebas biaya tahunan dengan minimal transaksi. Kalau minimal transaksinya sesuai kemampuan kamu sih, gasskeun aja sob!

Cicilan 0 Persen

Kartu kredit memberatkan? Belum tentu. Kalau kamu masih terbebani secara finansial karena kartu kredit, artinya kartu yang kamu pilih enggak menguntungkan tuh. Jangan-jangan bunganya besar, atau kamu sering terlambat membayar tagihannya.

Padahal ada loh kartu kredit dengan cicilan 0 persen. Jadi kamu bisa mencicil barang yang sudah kamu beli tanpa bunga. Mantep kan? Nah, tapi perlu kamu ingat, cicilan tanpa bunga ini bisa kamu dapatkan kalau bayar tepat waktu. Tenor cicilan juga biasanya pendek. Ini malah memudahkan kamu, jadi kamu nggak terbebani hutang kartu kredit yang menumpuk.

Makin cepat cicilan selesai, makin lancar pula arus kas keuangan. Dompet pun tetap aman. Kabar baiknya kalau skor kredit kamu sangat baik, naik limit pun jadi mudah.

Biaya Overlimit

Soal overlimit kartu kredit ini kadang enggak disadari juga loh. Terlalu banyak kemudahan yang ditawarkan, jangan bikin kamu terlena. Sebab ada biaya overlimit kalau transaksimu melebihi batas yang telah ditentukan.

Biaya inilah yang cukup terasa saat tagihan datang.

Daripada overlimit, kamu bisa mempertimbangkan untuk naik limit aja. Soalnya ada kartu kredit yang menggratiskan biaya naik limit lho. Jadi hitung dengan teliti berapa pengeluaran kamu dengan kartu kredit, lalu ajukan naik limit bila memang diperlukan. Simpel kan?

Free Lounge di Bandara

Satu hal yang menguntungkan lagi dan bisa menghemat dompet kamu nih, yaitu free lounge di bandara. Fasilitas ini ada pada beberapa kartu kredit tertentu. Jadi kamu bisa memilih kartu kredit yang menyediakan gratis lounge di bandara.

Kalau kamu punya hobi traveling, fasilitas ini tentu bakal menghemat budget kamu. Dana di dompet jadi lebih aman, anti jebol. Jadi kamu bisa memilih jenis kartu kredit ini, terlebih jika sesuai dengan kebutuhan kamu.

Diskon Shopping

Kamu punya hobi shopping? Pilih kartu kredit yang punya fasilitas diskon untuk belanja. Ada kok jenis kartu kredit khusus buat shopping. Biasanya kerjasama juga dengan beberapa marketplace atau tempat belanja ritel lainnya.

Tanpa harus menunggu promo musiman, kamu bisa dapet diskon khusus dengan jenis kartu kredit ini. Tapi meski banyak diskonan jangan jadi kalap belanjanya ya. Tentunya kartu kredit seperti ini bakal kasih kamu keuntungan tersendiri loh. Apalagi jika kamu menggunakannya dengan bijak dan sesuai kebutuhan. Enggak khawatir deh sama yang namanya tagihan.

Hemat BBM

Lebih suka traveling dan pergi kemana-mana dengan kendaraan pribadi? Kamu bisa banget hemat BBM dengan kartu kredit. Caranya, pilih kartu kredit yang menawarkan diskon khusus BBM. Beberapa bank penerbit kartu ada juga yang memiliki jenis kartu kredit BBM.

Kartu kredit jenis BBM biasanya akan memberikan banyak sekali potongan harga atau cashback setiap kali transaksi membeli bahan bakar di outlet yang telah bekerjasama. Selain potongan harga ada juga beberapa reward atau bonus setiap kali kamu membeli BBM dengan kartu kredit tersebut.

Nah demikian adalah beberapa keuntungan jika kamu bisa memilih kartu kredit dengan tepat. Beberapa manfaat tersebut belum termasuk point rewards yang bisa kamu dapatkan setiap kali melakukan transaksi loh. Poin rewards ini nantinya bisa kamu tukarkan dengan hadiah ataupun cashback dan reward lain yang telah ditetapkan oleh bank penerbit kartu.

Agar kamu bisa memilih kartu kredit dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan jangan ragu untuk membandingkan setiap kelebihan maupun kekurangan dari masing-masing kartu kredit. Santai, kamu tidak perlu kok keluar rumah atau pergi jauh-jauh ke kantor cabang Bank penerbit kartu tinggal duduk manis aja sambil cek di sini https://www.cekaja.com/kartu-kredit.

Postingan populer dari blog ini

Ini Dia Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik 2020 Untuk Kamu

Dahulu, mobil mungkin menjadi kendaraan yang mewah dan jarang dimilki oleh masyarakat. Berbeda dengan saat ini, dimana kendaraan pribadi sekarang ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Selain motor, mobil juga menjadi salah satu asset yang paling banyak diminati masyarakat. Dengan banyaknya kendaraan di jalan raya pasti resiko terjadi kecelakaan juga besar di jalan raya. Meskipun kita selalu menutamakan mengendarai mobil dengan safety riding, risiko kita kecelakaan tetap besar karena pengendara lain yang sembrono. Nah akibatnya kita bisa terluka bahkan meninggal dunia. Apalagi ditambah kerusakan mobil yang kita kendarai saat kecelakaan juga tidak mungkin bernilai sedikit. Alasan ini yang membuat banyak orang berpikir untuk membeli asuransi mobil . Dengan asuransi mobil resiko finansial karena kecelakaan bisa terbantu. Dalam memilih asuransi mobil juga tidak boleh asal loh, karena tak sedikit asuransi mobil yang hanya tipuan belaka, maka tak heran banyak orang merasa asuransi mereka t

Pinjaman Tanpa Jaminan Untuk Renovasi Rumah? Sah-Sah Saja!

Rumah adalah salah satu fasilitas kehidupan yang pokok dimiliki oleh setiap keluarga, namun jika kita tidak memiliki rumah, ada juga alternative kita untuk menyewa rumah. Namun rumah kontrakan akan sangat berbeda dengan rumah milik kita sendiri. Tentu saja, akan enggan bagi kita untuk merenovasi rumah kontrakan, tetai sebaliknya, kita akan senang melakukan renovasi pada rumah kita sendiri. Nah, jika kita sedang berpikir untuk melakukan renovasi rumah, kita mungkin sudah tahu bahwa perubahan sekecil apapun bisa menghabiskan banyak uang. Terlebih saat ini, semua biaya meningkat drastic, mulai dari biaya membayar upah tukang yang tidaklah murah, dan juga biaya belanja material yang semakin hari harganya semakin mahal. Namun ada salah satu cara untuk membuat proyek renovasi rumah lebih terjangkau adalah dengan mengambil pinjaman tanpa jaminan, yang merupakan pinjaman yang bisa disesuaikan untuk membantu menutupi biaya renovasi. Pinjaman tanpa jaminan untuk renovasi rumah mungkin merupakan